Persiapan penerbangan adalah bagian dari lingkungan penerbangan yang sangat dinamis. Uraian informasi (Pre-Flight Briefing) Personil Penunjang Operasi Penerbangan (Flight Operations Officer or Flight Dispatcher) kepada penerbang (Pilot) adalah bagian penting dari persiapan penerbangan dan merupakan momen penting untuk membangun tim, pembentukan kepemimpinan dan kesempatan untuk mengumpulkan serta memilih semua data operasional yang terkait dengan penerbangan yang akan datang.

Pre-Flight Briefing harus membantu pilot terbang (Pilot Flying/PF) dan pilot tidak terbang (Pilot Not Flying/PNF) memahami urutan peristiwa dan tindakan yang diinginkan serta kondisi pesawat dan segala bahaya atau keadaan khusus yang terlibat dalam urutan penerbangan yang direncanakan.

Untuk mencapai manfaat keselamatan dan efisiensi dari persiapan penerbangan yang baik, semua anggota awak pesawat udara harus berusaha untuk menyampaikan uraian informasi berkualitas tinggi.

Pre-Flight Briefing harus dimulai memberikan rencana penerbangan (flight plan) kepada penerbang (pilot) untuk ditinjau dan keputusan akhir penerbang (pilot) tentang rute, ketinggian penerbangan dan jumlah bahan bakar (the crew’s final decision on the route, cruise flight level and fuel quantity).

Pre-Flight Briefing harus dilakukan dengan berbicara tatap muka, sambil tetap waspada dalam pemantauan pesawat serta kemajuan penerbangan (it should be conducted by speaking face-to-face, while remaining alert and vigilant in the monitoring of the aircraft and flight progress). Hal ini penting untuk menghindari pengulangan rutin dan formal dari poin yang sama di setiap sektor yang seringkali menjadi kontraproduktif karena tidak melibatkan pemikiran baru atau penyelesaian masalah dalam perencanaan penerbangan.

Flight Preparation and Conducting Effective Briefings!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *