Personil Penerbangan (Airlines Staff) 

Personil penerbangan (airlines staff) merupakan salah satu profesi di dunia penerbangan yang mana sebagai penunjang operasional penerbangan  yang memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat berupa customer excellence services and complaint handling sebelum dan setelah dilakukannya suatu penerbangan (pre-flight and post flight services).

Dalam profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelayanan terhadap penumpang (passenger services), yakni:

  • Ticketing, melakukan reservasi awal berupa sebuah dokumen (ticket) yang berisikan informasi satu penerbangan dan ketentuan yang disepakati bersama dan ditaati oleh kedua belah pihak (calon penumpang dan maskapai).
  • Check-In Counter, merupakan loket layanan maskapai untuk mengkonfirmasi kehadiran dari calon penumpang yang telah melakukan proses pembelian tiket (ticketing) dengan cara memperkenalkan diri, periksaan barang bawaan serta diberikan label sesuai identitas penumpang berupa boarding pass.
  • Boarding Gate, memeriksa kembali boarding pass sesuai identitas penumpang yang bersangkutan.
  • Transfer Desk, bertugas membantu penumpang yang melakukan transit atau melanjutkan penerbangan.
  • Lost and Found,  pelayanan bantuan menemukan dan pengembalian bagasi penumpang apabila terjadi kehilangan dengan mencocokkan identitas boarding pass penumpang suatu penerbangan.

Menjadi seorang personil penerbangan (airlines staff) dibutuhkan pengetahuan di bidang penerbangan, keahlian layanan keunggulan pelanggan dan penanganan keluhan (customer excellence services and complaint handling), kemampuan berbahasa Inggris serta memiliki kepribadian yang menarik.